Custom Search

Saturday, April 23, 2011

Toyota Smart


Proyek uji coba Toyota Smart Center diluncurkan di Jepang sebagai bagian dari persiapan makin populernya kendaraan listrik dan plug-in hybrid. Teknologi yang sudah cukup lama dikembangkan Toyota ini mengkoneksikan pengemudi/pengendara mobil dengan mobilnya bahkan rumahnya sehingga bisa mengontrol sepenuhnya kebutuhan energi. Sistem seperti ini menuntut sistem telematika handal.

Uji coba ini bagian dari kerjasama Toyota Motor Corp. dan Microsoft Corp yang diumumkan beberapa waktu lalu. Kedua raksasa dunia ini akan bekerjasama membangun platform piranti lunak untuk teknologi informasi masa datang, khususnya yang berkaitan dengan mobil listrik dan plug-in hybrid.

Aplikasi telematik ini akan diaplikasikan pada mobil listrik dan plug-in hybrid mulai tahun depan. Teknologi baru ini meliputi manajemen energi, sistem GPS dan teknologi multimedia lain. Toyota berharap bisa membangun global cloud platform yang memmberi layanan telematik canggih kepada seluruh konsumen Toyota di seluruh dunia.

Kedua pemimpin di industrinya masing-masing itu akan menaman investasi 1 miliar Yen (sekitar US$ 12 juta) di Toyota Media Service Co., anak perusahaan yang menyediakan layanan informasi digital untuk konsumen otomotif Toyota.

Kelak dalam perjalanan pulang dari kantor, pengemudi Toyota bisa mengetahui suhu rumahnya saat itu dan mengubahnya bila dianggap perlu sehingga saat tiba di rumahnya suhunya sudah pas dan nyaman. Semua itu bisa dilakukan di mobilnya,saat berkendara. Pemiliki Toyota juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi restoran terdekat untuk makam malam misalnya.

Lebih dari itu, mobil-mobil Toyota bisa berkomunikasi dengan smart phones, stasiun isi listrik dll. Semuanya terkoneksi dan berkomunikasi via internet.

Menurut President Toyota, Akio Toyoda, sistem ini akan digunakan pertamakali di Amerika Serikat dan Jepang karena infrastruktur pendukung mobil listrik paling siap.

0 komentar:

Post a Comment

please comment for an article on a blog entry http://toyotavanza.com. everything abaout avanzaku