CARA MERAWAT ACCU KENDARAAN TOYOTA
Aki {accu/batery} merupakan komponen penting dalam kendaraan yang memiliki fungsi sebagai berikut:
Sebagai alat penyedia arus listrik untuk stater mesin,penerangan dan kelistrikan aksesoris mobil
menstabilkan tegangan kendaraan dan memback up alternator bila tidak mampu memenuhi kelebihan beban listrik yang diperlukan pada mobil.
Sebagai sumber arus listrik yang diperlukan oleh sistem jalannya operasional komputer[ecu]mobil artinya jika suplai listrik terputus,maka system dimobil tidak dapat berfungsi.
JENIS-JENIS ACCU/BATTERY
Jenis accu dapat ditentukan oleh kandungan timbal {pb} dan kalsium {ca} didalamnya.Dipasaran 3 MACAM JENIS BATTERY,YAITU:
KONVENSIONAL/PREMIUM
Accu jenis ini membutuhkan perawatan [penambahan air aki]secara berkala.PLAT positip dan NEGATIF nya menggunakan pbsb dan pbsb.
HYBRID[LOW MAINTENANCE]
Accu jenis ini perawatannya lebih rendah jika dibandingkan dengan aki konvensional karena laju penguapan air laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.Plat positip dan negatifnya mengunakan kandungan pbsb dan pbca.Kendaraan Toyota terbaru umumnya menggunakan aki jenis ini.
MAINTENANCE FREE/MF/BEBAS PERAWATAN
Accu MF tidak perlu membutuhkan perawatan karena laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.Plat positip dan negatifnya menggunakan pbca dan pbca.
Setiap jenis aki selalu ada kelebihan dan kekurangannya.Aki konvensional juga sangat baik asal kita rajin merawatnya.Namun jika tertarik dengan aki yang bebas perawatan,maka kita harus menyiapkan dana ektra karena harganya lebih mahal.
TIPS MERAWAT ACCU
Meski memiliki fungsi yang sangat vital,kadang perawatan accu
kurang di perhatikan.Minimnya perawatan terhadap komponen ini,tentunya dapat menimbulkan masalah terhadap kinerja aki,salah satunya akan berakibat lebih pendeknya usia pakai accu dari yang seharusnya.Berikut ini tips merawat aki agar dapat bekerja
secara optiomal dan tentu saja tidak mudah rusak.
1. MATIKAN KOMPONEN KELISTRIKAN KETIKA MESIN MATI.
selesai berkendaraan ,matikan dulu komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin,agar muatan listrik pada aki tidak berkurang dan pada saat dihidupkan kembali,beban aki mampu memenuhi kebutuhan stater.
2. PANASKAN MESIN KENDARAAN
kendaraan yang jarang digunakan dapat memperpendek umur aki.untuk kendaraan yang jarang digunakan sebaiknya secara rutin memanaskan mesin secukupnya atau dapat pula melepas terminal negatif battery.
3. PERIKSA LEVEL AIR ACCU
permukaan air accu harus dipertahankan antara atas dan batas bawah,oleh karena itu perlu diperiksa secara rutin minimal satu bulan sekali,jika air aki berada dibawah batas normal[lower level yg tertera dalam kemasan aki],sementara aki tersebut terus digunakan maka hal ini dapat menyebabkan terjadi kerusakan aki.pengisian yang melewati batas atas[berlebihan],airnya bisa meluap dan merusak bagian kendaraan.untuk menambah air accu yang berkurang,gunakan air accu biasa,jangan memakai accuzuur,karena accuzuur hanya digukaan untuk accu baru yang belum dipakai.
catatan;
air accu biasa=air murni/air suling
accuzuur=campuran air murni dan asam sulfat[H2SO4]
4. PERIKSA TERMINAL ACCU
kondisi kendor dan karat terminal aki dapat mengakibatkan aliran arus listrik tidak sempurna,hingga dapat menimbulkan ledakan pada aki akibat percikan api pada bagian sambungan.jika sambungan dengan terminal kendor tinggal dikuatkan saja,namun jika permukaan terminal aki kotor atau berkarat maka harus dibersihkan dengan menggunakan sikat kawat.
5. PERIKSA PENGIKAT ACCU
pastikan accu diikat dengan kuat atau posisinya tidak bergeser bila mobil berjalan.accu yang sering terguncang umurnya menjadi lebih pendek.namun jangan terlalu kencang,karena akan mengakibatkan kerusakan fisik[pecah/retak]pada badan accu itu sendiri.
6. PERIKSA APAKAH TERDAPAT KEBOCORAN ACCU
berhati hatilah pada area yang ditemukan kebocoran dari bagian accu,segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan kuatkan penutup sumbat pada accu.apabila terjadi kebocoran dari badan accu,segera ganti accu dengan yang baru.
7. PERIKSA BERAT JENIS ACCU
jika accu telah diisi ulang,cek berat jenis accu dengan mengunakan hydrometer [biasanya terdapat dibengkel-bengkel].jika berat jenisnya dibawah ukuran dari accu tersebut ,gantilah accu tersebut dengan accu yang baru.
8. PEMASANGAN DAN PELEPASAN ACCU
untuk pemasangan accu,pastikan tidak ada benda benda asing dalam dudukan accu.hubungankan kabel positip terlebih dahulu pada terminal positip accu,kencangkan bautnya,kemudian hubungkan kabel negatif pada terminal negatif.
untuk melepaskan accu,pertama tama matikan instrument yang bermuatan listrik,dan tentunya dipastikan kendaraan dalam kondisi mati.pada saat melepaskan kabel ,maka lepaskan terlebih dulu kabel negatif baru kemudian kabel positif.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK KESELAMATAN
TIDAK BOLEH MENYALAKAN API DEKAT ACCU,SEPERTI MENYALAKAN KOREK,MEROKOK DAN LAIN SEBAGAINYA,KARENA AKI MENGANDUNG HIDROGEN YANG MUDAH MELEDAK.
JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK ANAK KARENA KOMPONEN AKI TERBUAT DARI BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA.
GUNAKAN KACA MATA PELINDUNG PADA SAAT MEMASANG ATAU MEMPERBAIKI AKI KARENA AIR AKI SANGAT BERBAHAYA.
HATI-HATI DENGAN ACCUZUUR,KARENA DAPAT MERUSAK KULIT DAN MEMBUTAKAN MATA
JIKA ACCUZUUR MENGENAI MATA ANDA SEGERA BASUH DENGAN AIR BERSIH BAGIAN YANG TERKENA DAN SEGERA PERGI KEDOKTER.JIKA ACCUZUUR MENGENAI KULIT ANDA,BASUHLAH BAGIAN YANG TERKENA ACCUZUUR DENGAN SEKSAMA.JIKA ANDA MERASA SAKIT DAN TERBAKAR,SEGERA MINTA PERTOLONGAN DOKTER
Aki {accu/batery} merupakan komponen penting dalam kendaraan yang memiliki fungsi sebagai berikut:
Sebagai alat penyedia arus listrik untuk stater mesin,penerangan dan kelistrikan aksesoris mobil
menstabilkan tegangan kendaraan dan memback up alternator bila tidak mampu memenuhi kelebihan beban listrik yang diperlukan pada mobil.
Sebagai sumber arus listrik yang diperlukan oleh sistem jalannya operasional komputer[ecu]mobil artinya jika suplai listrik terputus,maka system dimobil tidak dapat berfungsi.
JENIS-JENIS ACCU/BATTERY
Jenis accu dapat ditentukan oleh kandungan timbal {pb} dan kalsium {ca} didalamnya.Dipasaran 3 MACAM JENIS BATTERY,YAITU:
KONVENSIONAL/PREMIUM
Accu jenis ini membutuhkan perawatan [penambahan air aki]secara berkala.PLAT positip dan NEGATIF nya menggunakan pbsb dan pbsb.
HYBRID[LOW MAINTENANCE]
Accu jenis ini perawatannya lebih rendah jika dibandingkan dengan aki konvensional karena laju penguapan air laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.Plat positip dan negatifnya mengunakan kandungan pbsb dan pbca.Kendaraan Toyota terbaru umumnya menggunakan aki jenis ini.
MAINTENANCE FREE/MF/BEBAS PERAWATAN
Accu MF tidak perlu membutuhkan perawatan karena laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.Plat positip dan negatifnya menggunakan pbca dan pbca.
Setiap jenis aki selalu ada kelebihan dan kekurangannya.Aki konvensional juga sangat baik asal kita rajin merawatnya.Namun jika tertarik dengan aki yang bebas perawatan,maka kita harus menyiapkan dana ektra karena harganya lebih mahal.
TIPS MERAWAT ACCU
Meski memiliki fungsi yang sangat vital,kadang perawatan accu
kurang di perhatikan.Minimnya perawatan terhadap komponen ini,tentunya dapat menimbulkan masalah terhadap kinerja aki,salah satunya akan berakibat lebih pendeknya usia pakai accu dari yang seharusnya.Berikut ini tips merawat aki agar dapat bekerja
secara optiomal dan tentu saja tidak mudah rusak.
1. MATIKAN KOMPONEN KELISTRIKAN KETIKA MESIN MATI.
selesai berkendaraan ,matikan dulu komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin,agar muatan listrik pada aki tidak berkurang dan pada saat dihidupkan kembali,beban aki mampu memenuhi kebutuhan stater.
2. PANASKAN MESIN KENDARAAN
kendaraan yang jarang digunakan dapat memperpendek umur aki.untuk kendaraan yang jarang digunakan sebaiknya secara rutin memanaskan mesin secukupnya atau dapat pula melepas terminal negatif battery.
3. PERIKSA LEVEL AIR ACCU
permukaan air accu harus dipertahankan antara atas dan batas bawah,oleh karena itu perlu diperiksa secara rutin minimal satu bulan sekali,jika air aki berada dibawah batas normal[lower level yg tertera dalam kemasan aki],sementara aki tersebut terus digunakan maka hal ini dapat menyebabkan terjadi kerusakan aki.pengisian yang melewati batas atas[berlebihan],airnya bisa meluap dan merusak bagian kendaraan.untuk menambah air accu yang berkurang,gunakan air accu biasa,jangan memakai accuzuur,karena accuzuur hanya digukaan untuk accu baru yang belum dipakai.
catatan;
air accu biasa=air murni/air suling
accuzuur=campuran air murni dan asam sulfat[H2SO4]
4. PERIKSA TERMINAL ACCU
kondisi kendor dan karat terminal aki dapat mengakibatkan aliran arus listrik tidak sempurna,hingga dapat menimbulkan ledakan pada aki akibat percikan api pada bagian sambungan.jika sambungan dengan terminal kendor tinggal dikuatkan saja,namun jika permukaan terminal aki kotor atau berkarat maka harus dibersihkan dengan menggunakan sikat kawat.
5. PERIKSA PENGIKAT ACCU
pastikan accu diikat dengan kuat atau posisinya tidak bergeser bila mobil berjalan.accu yang sering terguncang umurnya menjadi lebih pendek.namun jangan terlalu kencang,karena akan mengakibatkan kerusakan fisik[pecah/retak]pada badan accu itu sendiri.
6. PERIKSA APAKAH TERDAPAT KEBOCORAN ACCU
berhati hatilah pada area yang ditemukan kebocoran dari bagian accu,segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan kuatkan penutup sumbat pada accu.apabila terjadi kebocoran dari badan accu,segera ganti accu dengan yang baru.
7. PERIKSA BERAT JENIS ACCU
jika accu telah diisi ulang,cek berat jenis accu dengan mengunakan hydrometer [biasanya terdapat dibengkel-bengkel].jika berat jenisnya dibawah ukuran dari accu tersebut ,gantilah accu tersebut dengan accu yang baru.
8. PEMASANGAN DAN PELEPASAN ACCU
untuk pemasangan accu,pastikan tidak ada benda benda asing dalam dudukan accu.hubungankan kabel positip terlebih dahulu pada terminal positip accu,kencangkan bautnya,kemudian hubungkan kabel negatif pada terminal negatif.
untuk melepaskan accu,pertama tama matikan instrument yang bermuatan listrik,dan tentunya dipastikan kendaraan dalam kondisi mati.pada saat melepaskan kabel ,maka lepaskan terlebih dulu kabel negatif baru kemudian kabel positif.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK KESELAMATAN
TIDAK BOLEH MENYALAKAN API DEKAT ACCU,SEPERTI MENYALAKAN KOREK,MEROKOK DAN LAIN SEBAGAINYA,KARENA AKI MENGANDUNG HIDROGEN YANG MUDAH MELEDAK.
JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK ANAK KARENA KOMPONEN AKI TERBUAT DARI BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA.
GUNAKAN KACA MATA PELINDUNG PADA SAAT MEMASANG ATAU MEMPERBAIKI AKI KARENA AIR AKI SANGAT BERBAHAYA.
HATI-HATI DENGAN ACCUZUUR,KARENA DAPAT MERUSAK KULIT DAN MEMBUTAKAN MATA
JIKA ACCUZUUR MENGENAI MATA ANDA SEGERA BASUH DENGAN AIR BERSIH BAGIAN YANG TERKENA DAN SEGERA PERGI KEDOKTER.JIKA ACCUZUUR MENGENAI KULIT ANDA,BASUHLAH BAGIAN YANG TERKENA ACCUZUUR DENGAN SEKSAMA.JIKA ANDA MERASA SAKIT DAN TERBAKAR,SEGERA MINTA PERTOLONGAN DOKTER
DIambil DAri CustoMer RelAtioN DepPartment PT.TOYOTA-ASTRA MOTOR 2010
0 komentar:
Post a Comment
please comment for an article on a blog entry http://toyotavanza.com. everything abaout avanzaku